Tuesday, December 20, 2011

Gadget Mini Masa Depan oleh Apple & Google

The Motoactv watch computer, jam tangan yang dilengkapi
perangkat untuk latihan kebugaran, lagu bahkan GPS.
Perangkat ini dibuat oleh Motorola seharga 249,99 dollar AS

Seperti yang dikutip oleh Kompas.com dari NY times, secara diam-diam, Apple dan Google "kompak" membuat sebuah proyek masa depan dengan tujuan yang sama. Maksudnya kompak di sini bukan berarti mereka saling bekerja sama. Proyek ini dikerjakan secara independen di perusahaan masing-masing. Proyek "bertujuan sama" tersebut mengemban misi untuk membuat perangkat komputasi khusus yang dapat digunakan di pergelangan tangan.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, kita sudah dapat membayangkan komputer yang berukuran besar tentu dapat dibuat lebih kecil. Mungkin dahulu hal tersebut mustahil dilakukan, namun setelah melihat perkembangan tablet atau ponsel pintar era masa kini hal tersebut bukan tidak mungkin dilakukan.

Apple dan Google masing-masing telah memulai proyek tersebut sejak setahun lalu. Tujuan utamanya hanya satu, yaitu ingin menjual lebih banyak produk ponsel pintarnya dengan inovasi-inovasi yang lebih menganggumkan. Kedua perusahaan raksasa ini akan membuat piranti komputer menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah dibawa bepergian.

Saat ini Google sedang meneliti kemungkinan bila sebuah perangkat yang ditempelkan pada pakaian atau bagian tubuh kita akan mengirimkan sebuah informasi kembali ke ponsel pintar Android. Untuk meneliti hal tersebut, Google telah dibantu insinyur dari Nokia, Apple, dan kalangan universitas yang bisa membuat sebuah perangkat komputer menjadi lebih kecil.

Sama halnya dengan Google, Apple juga sudah memulai proyek tersebut. Salah satu hasilnya adalah iPod Nano yang sudah bisa dipakai di pergelangan tangan. Saat ini Apple ingin merancang iPod berbahan kaca yang bisa dipakai secara melengkung di pergelangan tangan. Untuk bisa melakukan komunikasi, perangkat tersebut sudah dilengkapi fitur Siri, semacam perintah untuk melakukan sesuatu hal di peranti melalui suara.

Bahkan peneliti Senior di Palo Alto California Michael Liebhold  memprediksi teknologi yang akan hadir di masa depan bakalan mengaburkan jarak dari dunia nyata dan dunia maya.
Sepuluh tahun lagi, orang-orang akan memakai kacamata yang dilengkapi layar untuk dapat menikmati informasi. Contoh nyata yang sudah dipakai selama ini adalah kontak lensa untuk membantu orang bisa melihat tanpa sebuah kacamata.

Jadi tidak sabar ya, inovasi apa yang Google dan Apple tawarkan?

sumber: kompas.com

No comments:

Post a Comment